Thursday, June 30, 2005

Ternyata gua emang udah tua...

Sebenernya kesimpulan itu udah muncul semenjak keponakan gua (dari sepupu yang kebetulan beda jauh umurnya ma gua) punya anak. Itungannya sih gua udah dipanggil "aki" (kakek dlm bahasa sunda) waktu umur gua 27. Perasaan gua waktu itu, senang dan bahagia ngeliat bayi, dan mikir bisa maen ama doi, hehehehe.... dah kebayang aja, meskipun sebenernya tiap bayi ato anak kecil di keluarga besar gua, pasti nangis ato lari ketakutan pas pertama liat gua.

Ga tau kenapa ya? padahal kata om, tante, sepupu dan sesepuh, gua orangnya lucu (dan malu2in kayanya) gara2 gua dari dulu kebiasaan jadi bahan celaan, dari dulu ampe sekarang. Waktu kecil celaannya gini, "Gi, awas jg jalan jauh, ntar ketuker ama balon loh... :P" dan ampe yg sekarang, "mana Gi? calonnya ko ga dibawa sih? Takut ditraining ya? ama Ua2 (sodara lelaki ortu, Sunda), bibi2 (istri paman atau saudara perempuan ortu) dulu biar kuat mental... :D", .... hahahahaha...(gua ketawa pait... seirus neh!). Itulah yg keluarga besar gua, keluarga penuh celaan (saling nyela maksudnya) dan gua bangga senang dengan itu, bikin suasana jadi akrab. Tapi karena ini pula yg buat gua selalu "bersiap2" sebelum ngumpul ama mereka.

Anyway, balik ke persoalan yang tadi, perasaan yang kedua muncul.... ya sedih aja. Rasanya umur dah segini tapi perjalanan masih belum jauh. Udah jadi "aki" tapi belum ada yang bisa dibanggain. Apa kek, harta, kedudukan, status sosial, jabatan dst. Gua belum nyampe semua itu. Dulu gua bikin target, kalo ampe umur 35 belum jadi apa-apa (belum bikin sesuatu yang berguna, dan bisa dibanggain), maka gua ga akan jadi apa-apa, dan gua mau ga mau harus rubah, adapt hidup gua. Gua harus kalibrasi lagi semuanya dari awal.

Cita2 ato mimpi gua gede, buat orang "sebiasa" gua, meski gua ga bisa bilang apa. Tapi terus terang aja, gua selalu percaya dang menganggap kalo setiap orang itu unik dan spesial. Cuman masalahnya satu aja, karena semua orang seperti itu maka everybody is nobody, unless dia aware akan "perannya" didunia. Menurut gua, seseorang akan jadi benar2 "unique", saat dia tau apa yang harus dia musti lakukan, bukan tau apa yang dia bisa lakukan (itu mah, bikin setiap orang jadi anarki... "ga suka sama si anu? tampol aja, lu kan gede..." Gahh... I'm pacifist man...). Dan gua selalu kagum dengan orang2 seperti itu, orang2 yang mengorbankan sesuatu, demi suksesnya peran mereka, saat mereka sadar akan peran yang mereka harus lakoni (Ahh.... ko jadi ngomongin sinetron sih?...)

Somehow, secara garis besar gua udah ngerti peran yang gua lakoni sekarang. Apa yang mesti gua lakukan, meski sebenarnya gua masih bingung dengan detailnya (contoh orang bego neh... misalnya bayangin aja kalo bikin rumah... "pokonya gua pengen rumahnya kaya rumah tetangga sebelah! Caranya gimana pak Mandor yg ngatur!"... Apa bisa ya?) Mungkin inilah celah dimana gua bisa bermain buat memuaskan ego gua, mewujudkan mimpi2 gua yang selalu gua anggap sebagai hutang ke diri gua sendiri.

Ahhh... makin tua nih... kebanyakan mikir yang ga perlu, dan bukannya makin "sadar". Kadang malah sebaliknya, gua ngerasa makin jauh dari kata2 "dewasa" dan sadar. Semakin kaya anak2 aja, yang harus selalu diingetin waktu ngelakuin sesuatu. Bodohnya diriku...Wakakakaka....

Comments: Post a Comment



<< Home

This page is powered by Blogger. Isn't yours?